Kenapa Harus Menggunakan Kontraktor Baja?

Untuk saat ini konstruksi baja memang menjadi pilihan banyak orang untuk pembangunan sebuah proyek. Seperti proyek dalam pembangunan pabrik, gudang besar, bagasi besar, kubah masjid, atap gereja dan masih banyak lagi lainnya. Sebenarnya ada banyak material yang bisa di gunakan dalam sebuah konstruksi seperti material kayu, material beton, dll. Semuanya itu tentunya memiliki kelebihan dan juga kekurangan masing-masing, begitu juga dengan konstruksi baja, Konstruksi berbahan baja juga memiliki banyak kekurangan namun juga sebanding dengan kelebihan yang dimilikinya.

Karena sekarang ini sudah banyak banyak proyek yang menggunakan konstruksi baja dan tentu saja Anda pastinya bertanya-tanya, apa alasan mereka memilih konstruksi baja dalam proyek mereka ? Pertanyaan seperti itu cukup wajar, karena memang saat ini konstruksi berbahan baja memang ramai di pilih untuk rangka atap suatu bangunan. Dan dari sekian banyak orang yang memilih konstruksi berbahan baja, mereka rata-rata memiliki 4 alasan mengapa memilih konstruksi baja? Berikut ke 4 alasan tersebut

Struktur baja

Alasan pertama mengapa mereka memilih konstruksi baja yaitu tentang Strukstur baja yang dimaksud disini adalah struktur atau manfaat baja ketika menjadi sebuah bangunan. Struktur baja dalam suatu bangunan berguna untuk dijadikan kolom atau ring balknya, sedangkan ukuran baja yang di gunakan sebagai kolom atau ring balk tersebut tergantung dengan perhitungan beban yang di pikul atau tergantung dengan kekuatan yang di butuhkan dan kekuatan horizontal.

Kelebihan baja sebagai struktur bangunan

Dalam sebuah konstruksi baja, struktur baja memiliki beberapa kelebihan yang cukup baik di bandingkan dengan konstruksi yang berbahan beton maupun kayu, kelebihan-kelebihan tersebut seperti:

1. Tidak bisa di makan rayap di bandingkan dengan matrial kayu.

2. Kemungkinan susut atau memuai sangat kecil.

3. Kekuatan tarikannya cukup tinggi.

4. Penggunaannya yang bisa di daur ulang.

5. Baja lebih lentur dan memiliki berat lebih ringan di bandingkan dengan beton.

6. Harga baja yang relative murah di bandingkan dengan stainless steel.

7. Jika di bandingkan dengan aluminum dan kayu baja memang lebih kuat.

Kelebihan yang dimiliki struktur baja dalam suatu bangunan di atas, memang menjadi alasan utama, kenapa saat ini konstruksi baja sangat ramai di gunakan dalam banyak proyek, di bandingkan dengan konstruksi berbahan kayu dan beton.

Fungsi dari baja

Fungsi baja juga menjadi alasan mengapa banyak orang memilih material baja dalam konstruksi. Ya karena fungsi baja memang tidak jauh berbeda dengan fungsi logam pada umumnya. Seperti beberapa kelebihan yang sudah kami sebutkan di atas di bandingkan dengan material lainnya.

Pembuatan baja

Proses pembuatan baja juga menjadi alasan dimana banyak orang yang memililih baja sebagai material pada konstruksi mereka. Proses pembuatan baja di lakukan dengan cara melebur biji besi dengan mengurangi zat karbon yang ada di dalamnya. Pengurangan zat karbon pada biji besi yang di lebur tersebut sesuai dengan yang di inginkan, yang kemudian juga di tambahkan dengan elemen-elemen lainnya ke dalam logam yang telah memuai tersebut.

Setelah poses dan campuran baja telah di lebur menjadi satu, maka cairan dari baja tersebut di tuangkan kedalam cetakan hingga cairan tersebut habis. Setelah itu di biarkan hingga kering dan mengeras yang pada akhirnya jadilah lempengan-lempengan baja.


Alasan Mengapa Harus Menggunakan Konstruksi Baja:

1. Baja Menghasilkan Stabilitas dan Kekuatan

Material konstruksi dari baja akan menghasilkan stabilitas struktural. Karena itu bangunan menjadi kuat dan kokoh. Baja adalah material logam yang ringan dan mudah dibentuk sehingga memungkinkan arsitek, dalam lingkup yang lebih luas, bebas mengeksplorasi desain dan mengembangkan bangunan menjadi lebih unik.

Pada konsruksi finishing, baja sebagai material logam yang bisa dibentuk, akan sesuai untuk bagian konstruksi fasad, lengkungan dan kubah. Di situlah kelebihan utama material kosntruksi bernama baja ini. Selain kokoh dan kuat, baja adalah material yang bisa difabrikasi secara mendetail. Desain spesifikasi yang tepat, baja bisa menghadirkan desain yang paling indah dan paling bersih untuk sebuah bangunan. Dan baja nampaknya menjadi masa depan konstruksi semua rumah di perkotaan.

2. Fleksibilitas

Komponen-komponen elemen struktural kosntruksi baja dan pada struktur baja prefabrikasi dengan presisi tinggi, fleksibitas adalah nilai lebiohnya sebabb baja dapat dipasang dengan cepat dan efisien di lokasi kosntruksi. Fleksibiltas material baja dalam pengerjaan konstruksi dapat menghemat waktu secara efisien. Pada bagian pondasi konstruksi, bahan material baja yang kuat dan ringan dibandingkan bahan lain seperti beton, akan menghemat area penggalian.

3. Mudah beradaptasi

Sepanjang siklus hidup bangunan, kebutuhan spasial mungkin terus berubah. Dalam keadaan seperti itu, struktur baja sangat mudah beradaptasi dan mudah diakses. Beberapa komponen seperti balok dan penopang dapat direlokasi, diperkuat dan juga dilengkapi dengan framing tambahan, sehingga mendukung kondisi pembebanan yang berubah.

4. Hemat Tempat

Baja bisa menciptakan ruang internal yang besar, tanpa perlu banyak kolom, ini memudahkan penyesuaian dan disain tempat sesuai kebutuhan.

5. Bisa Didaur-Ulang

Baja adalah pilihan terbaik untuk disain bangunan berkelanjutan karena dapat didaur ulang terus menerus. Apabila gedung diruntuhkan, maka pembongkaran, semua baja bisa dikumpulkan dan dipasang kembali. Hampir 50% dari total produksi baja baru di dunia saat ini, sebenarnya adalah baja daur ulang.

6. Belum tertandingi

Beberapa material baru di dunia konstruksi bangunan telah ditemukan, beberapa di antaranya sudah sangat populer. Meski demikian hampir tidak ada bahan bangunan yang menyaingin baja terutama dalam kekuatan, kestabilan dan sifatnya yang tahan api. kuat dan stabil secara struktural juga tahan api.

7. Aman

Dengan menggabungkan struktur baja, desain bangunan untuk keamanan penghuni dari bencana secara maksimal dapat dicapai. Baja bersifat fleksibel dan lentur, beberapa balok untuk sambungan kolom di bangunan berkosntruksi baja dirancang untuk mendukung beban gravitasi. Sambungan yang memainkan peran penting tersebut akan meningkatkan ketahanan bangunan terhadap gempa bumi, sehingga menjadikan baja sebagai bahan konstruksi bangunan yang tahan gempa.

8. Estetika

Ketika bangunan berkonstruksi baja telah selesai melalui tahap pengisian dinding, pemeluran luar, lantai dan cat, maka gedung akan terlihat persis seperti struktur beton dan hanya seorang ahli yang bisa membedakannya. Satu-satunya perbedaan yang terlihat pada mata orang awam adalah kualitas finishing, tampilan bersih dan daya tarik estetika.

9. Hemat Ruang

Keuntungan lain dari bangunan baja di banding bangunan bata adalah pada kekuatan. Dindin baja memberikan kekuatan yang lebih besar; namun dindingnya tidak perlu setebal atau besar dinding bata. Elemen struktural yang lebih tipis dan lebih kecil dapat dicapai dan mereka membantu memanfaatkan ruang interior maksimum. Makanya tantangan spasial bisa dengan mudah diatasi, itulah mengapa harus menggunakan konstruksi baja!

10. Hemat Energi

Mengapa harus menggunakan konstruksi baja? Karena struktur baja lebih ringan dan mudah bergerak. Ini menghemat banyak ongkos transportasi. Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, material kosntruksi baja tidak meninggalkan limbah di lokasi, dan bisa didaur ulang berulang-ulang dan tanpa henti. Bangunan baja hemat energi karena pemanasan dan pendinginan ruangan mudah dilakukan.


Keunggulan Kontruksi Baja:

1. Baja memiliki daya tahan yang tinggi

Salah satu alasan utama baja digunakan dalam begitu banyak proyek konstruksi adalah daya tahannya. Material ini memiliki rasio kekuatan terhadap berat tertinggi dari bahan bangunan lainnya. Maka dari itulah, baja sangat ideal untuk bangunan baik besar maupun kecil.

2. Material tahan api

Banyak perusahaan dan pemilik rumah juga menyukai baja yang tahan api. Jadi, material ini tidak akan jadi rembetan api jika terjadi kebakaran. Hal ini berbeda dengan bahan organik seperti kayu yang mudah terbakar.

3. Material yang tahan lama

Baja merupakan material yang tidak akan pernah membusuk, terbelah, retak, melengkung, melintir, atau pecah. Dengan semua manfaat ini, maka baja juga termasuk material dengan durabilitas tinggi dan perawatan yang rendah. Penggunaannya bisa pula meningkatkan nilai properti yang dimiliki, termasuk, rumah, bangunan tempat usaha, kantor, dan pabrik. Selain untuk perkuatan, baja juga digunakan sebagai kerangka. Maka, bangunan modern banyak yang mereferensikan material ini dibandingkan material kayu.

4. Baja dapat di daur ulang

Dengan keunggulan ini, maka baja termasuk material yang ramah lingkungan. Nyatanya tidak banyaik logam bisa didaur ulang. Dan baja adalah salah satu yang istimewa yang bisa didaur ulang untuk dimanfaatkan kembali. Proses ini tidak merusak atau melemahkan baja, bahkan bisa menjadikannya material yang ideal untuk digunakan kembali secara terus menerus.

5. Kekuatan, keindahan, kebebasan desain

Baja menawarkan kebebasan desain, warna, tekstur dan bentuk yang lebih banyak kepada para arsitek. Kombinasi dari semua hal di atas ini memberikan para arsitek parameter yang lebih luas untuk mengeksplorasi ide dan mengembangkan solusi.

6. Resistensi gempa

Gempa bumi tidak dapat diprediksi baik frekuensi maupun durasi, dan lokasinya. Baja adalah bahan pilihan untuk desain karena sifatnya ulet dan fleksibel. Pada konstruksi tertentu, banyak sambungan balok ke kolom dalam bangunan baja dirancang terutama untuk mendukung beban gravitasi. Material ini juga memiliki kapasitas yang cukup untuk menahan beban yang disebabkan oleh angin dan gempa bumi.

7. Lebih ringan ketika digunakan

Struktur baja dapat secara signifikan lebih ringan dari beton. Hal ini bisa membantu dalam mengurangi dampak lingkungan dari bangunan. Bahan yang lebih sedikit dan lebih ringan berarti menyediakan lebih banyak keuntungan.

Beberapa hal di ataslah yang membuat baja kini menjadi bahan bangunan yang dipakai di berbagai proyek konstruksi. Baja juga sering jadi alternatif untuk pembuatan rangka lantai maupun atap sebagai pengganti kayu karena berbagai alasan. Hal ini membuat industri baja semakin berinovsasi untuk  menghadirkan produk terbaik untuk konstruksi.

Distributor Pemasaran:

Light Group Indonesia adalah Kontraktor Bangunan Baja Jogja. Area kami meliputi Kota Jogja / Yogyakarta, Sleman, Bantul, Gunungkidul, Kulonprogo, Purworejo, Purbalingga, Kebumen, Wonosobo, Tegal, Cilacap, Purwokerto, Banjarnegara, Semarang, Salatiga, Magelang, Temanggung, Kendal, Brebes, Pekalongan, Pemalang, Ambarawa, Boyolali, Demak, Kudus, Pati, Purwodadi, Blora, Rembang, Solo, Sragen, Wonogiri, Klaten, Kartasuro, Jepara, Madiun, Surabaya, Sukoharjo, Madura, Malang, Mojokerto, Sidoharjo, Ponorogo, Kediri, Nganjuk, Blitar, Tulungagung, Pasuruan, Bandung, Depok, Indramayu, Cirebon, Majalengka, Bogor, Tasikmalaya, Subang, Purwakarta, Cikampek, Sukabumi, Serang, Cilegon, Karawang, Banten, Jakarta Timur, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Utara, Bekasi, Denpasar, Singaraja, Amplapura, Gianyar, Tabanan, Bangli, Aceh, Lhokseumawe, Medan, Bukit Tinggi, Pekanbaru, Riau, Padang, Jambi, Bengkulu, Palembang, Lampung, Bangka Belitung, Pontianak, Palangkaraya, Samarinda, Balikpapan, Banjarmasin, Bontang, Parakan, Makassar, Kendari, Palu, Ternate, Tanete, Ambon, Maluku, Sorong, Bawe, Manokwari, Jayapura, Timika, Merauke, Mappi, Maumere, Bima, Kupang, Lombok, Mataram, Sumbawa.


Hubungi Kami Di:

CV. LIGHT GROUP INDONESIA
Jl. KH. Muhdi Gg Komajaya 53, Dewan, Maguwoharjo, Depok, Sleman, Yogyakarta

WA: 0888 0272 5212

WA: 0813 2515 7177

WA: 0818 0413 5008


Website: www.dakkeratonjogja.com

Website: www.lightgroupindonesia.com

Website: www.bahanbangunanjogja.info


Instagram: lightgroup_id


 





Komentar